Telp : 021. 7563120, Fax : 021. 7560208, Email: biotek@bppt.go.id , Pengaduan: biotek@bppt.go.id

Chatra Plugin

  • Kegiatan Pengukuhan Tim RB Balai Bioteknologi 2019 - 2020

    Kegiatan Pengukuhan Tim RB Balai Bioteknologi 2019 - 2020

  • Dorong Produktifitas Petani, BPPT Beri Sentuhan Teknologi Melalui Pengolahan Pupuk Hayati Organik

    Dorong Produktifitas Petani, BPPT Beri Sentuhan Teknologi Melalui Pengolahan Pupuk Hayati Organik

  • Pembangunan Zona Integritas untuk Menuju Wilayah Bebasa dari Korupsi (WBK)

    Pembangunan Zona Integritas untuk Menuju Wilayah Bebasa dari Korupsi (WBK)

  • Diseminasi Teknologi Penyediaan Benih Tanaman Hortikultura secara Ex Vitro

    Diseminasi Teknologi Penyediaan Benih Tanaman Hortikultura secara Ex Vitro

KEPUASAN PELANGGAN BALAI BIOTEKNOLOGI

 

 Survey Kepuasan Pelanggan Balai Bioteknologi 2018

 

 

Berita Terbaru

Balai Bioteknologi

Sebar Cara Dapatkan Benih Kentang Unggulan, DPR RI: BPPT Sudah Lakukan Kerja Nyata!

 

Diseminasi, atau penyebarluasan informasi perlu dilakukan agar suatu kegiatan atau program menjadi tepat sasaran. Terlebih lagi diseminasi teknologi. Itulah yang dilakukan BPPT di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. 

 

Menurut Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, yang dilakukan oleh BPPT di daerahnya akan membantu petani, khususnya petani kentang dalam menghasilkan benih kentang secara mudah, cepat dan mudah.

 

 "Salah satu potensi sumber daya di daerah kami adalah sayuran, dan kentang termasuk primadonanya. Selain untuk pertanian, perkebunan kentang juga menjadi tujuan wisata berbasis alam di Kawasan Dieng," ujarnya saat menghadiri acara Diseminasi Teknologi Benih Kentang Secara Ex Vitro, Jumat (31/08). 

 

 Ditambahkannya, luas lahan pertanian kentang di Wonosobo berdasarkan data 2018 mencapai 3 ribu hektar l, dan hasil panen nya mencapai 506 kuintal. "Dengan adanya diseminasi teknologi secara ex vitro yang dilakukan oleh BPPT, kami mengharapkan dapat meningkatkan jumlah panen," terang Eko.

 

Deputi BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi, Soni Solistia Wirawan yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan bahwa kegiatan di Wonosobo sudah berjalan sejak awal 2017 yang lalu. Dari beberapa kegiatan, menurut Soni, petani sudah dapat menghasilkan benih kentang unggulan.

 

"Saat ini, kami juga sudah bekerjasama dengan perusahaan berbasis teknologi hasil rintisan kelompok petani sekitar untuk mengembangkan benih dalam skala lebih besaran pajak. Tentunya semua terwujud dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah," jelas Soni.  

 

Senada dengan Bupati, Anggota Komisi VII DPR RI, Tjatur Sapto Edi mengatakan bahwa teknologi ini akan langsung menghidupkan taraf hidup petani kentang di Wonosobo. Ia pun berharap BPPT sebagai pemilik teknologi, dapat terus mentransfer pengetahuan seperti ini kepada masyarakat. 

 

"Ini (diseminasi teknologi) adalah sesuatu yang nyata. Dengan kegiatan ini, masyarakat, terutama di Wonosobo akan merasakan manfaat dari teknologi. Apalagi disini sudah ada kerjasama dengan perusahaan lokal. Tentunya akan semakin tepat sasaran. Terima kasih BPPT," tegasnya.

source : https://bppt.go.id/layanan-informasi-publik/3267-sebar-cara-dapatkan-benih-kentang-unggulan-dpr-ri-bppt-sudah-lakukan-kerja-nyata

Galeri Foto

 
     
 

Lihat Foto Lainnya

Galeri Video