Telp : 021. 7563120, Fax : 021. 7560208, Email: biotek@bppt.go.id , Pengaduan: biotek@bppt.go.id

Chatra Plugin

  • INTERNATIONAL SYMPOSIUM ON HEALTH RESEARCH

    INTERNATIONAL SYMPOSIUM ON HEALTH RESEARCH

  • Benchmarking AoC dan PMO BJIK TIEM ke Balai Bioteknologi - TAB

    Benchmarking AoC dan PMO BJIK TIEM ke Balai Bioteknologi - TAB

  • Balai Bioteknologi BPPT Menerima Kunjungan dari Bupati Boalemo

    Balai Bioteknologi BPPT Menerima Kunjungan dari Bupati Boalemo

  • Balai Bioteknologi BPPT Melakukan Penimbangan Pertama Sampah Pilah

    Balai Bioteknologi BPPT Melakukan Penimbangan Pertama Sampah Pilah

KEPUASAN PELANGGAN BALAI BIOTEKNOLOGI

 

 Survey Kepuasan Pelanggan Balai Bioteknologi 2018

 

 

Berita Terbaru

Balai Bioteknologi

Sehitam Bawang Putih: Balai Biotek Mengembangkan Black Garlic Dalam Rangka Kemandirian Nasional Mengatasi Pasien Diabetes

Balai Bioteknologi BPPT kini mengembangkan standarisasi proses produksi black garlic.

Black garlic (bawang hitam) adalah bawang putih yang telah diproses secara fermentasi pada suhu tertentu dalam waktu lama, sehingga menghasilkan senyawa baru yang mempunyai efek farmakologis. Fermentasi bawang putih ini tanpa tambahan bahan apa pun.

 

        

 

Pasca fermentasi yang berlangsung beberapa minggu ini, tidak lagi berasa pedas getir yang menyengat, tapi manis asam dan bertekstur lembut. Awalnya dikembangkan di Jepang dan kemudian Korea, kini telah banyak diteliti manfaatnya dan dikenal luas di berbagai belahan dunia sebagai produk kesehatan.

Pasca fermentasi yang berlangsung beberapa minggu ini, black garlic tidak lagi berasa pedas getir yang menyengat, tapi manis asam dan bertekstur lembut. Awalnya dikembangkan di Jepang dan kemudian Korea, kini black garlic telah banyak diteliti manfaatnya dan dikenal luas di berbagai belahan dunia sebagai produk kesehatan.

Proses perubahan bawang putih menjadi black garlic: selama pemanasan dengan kelembaban tertentu, terjadi proses aktifasi enzim dan proses fermentasi menghasilkan senyawa aktif untuk kesehatan. Tekstur juga berubah dari keras menjadi kenyal, kemudian menjadi lembut.

Khasiat black garlic telah terbukti secara empiris dan ilmiah dengan banyaknya publikasi terkait khasiatnya. Uji pada hewan menunjukkan bahwa black garlic berpotensi sebagai antikanker, menormalkan kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah tinggi. Laporan lain menyebutkan potensinya untuk pengobatan leukemia, antialergi, dan perbaikan daya ingat. Black garlic juga mengandung senyawa yang dapat memperbaiki sistem syaraf pada penderita Alzhemeir dan Parkinson. Pada studi kasus, black garlic juga dapat membantu mengobati psoriasis (penyakit kulit akibat autoimun). 

 

Galeri Foto

 
     
 

Lihat Foto Lainnya

Galeri Video