• (021) 7560208
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tim AoC Balai Bioteknologi BPPT Kembali Mengadakan Kegiatan "PRO BIOTEK" Sesi Ke-2

Tim AoC Balai Bioteknologi BPPT Kembali Mengadakan Kegiatan

 

 

 

Pada Rabu (06/05/2020), Tim AoC Balai Bioteknologi kembali mengadakan kegiatan PRO BIOTEK atau Program Ramadhan Online Balai Bioteknologi yang ke-2. PRO BIOTEK merupakan salah satu kegiatan yang diinisiasi oleh Tim AoC Balai Bioteknologi dalam rangka bulan ramadhan yang berupa “Ngaji Al-Quran dan Tausiyah Online” melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ngaji Al-Quran dilaksanakan dengan sistem lelang One Week One Juz, sehingga terdapat 30 orang yang berpartisipasi dalam setiap minggunya. Lelang One Week One Juz ini merupakan lelang pertama di minggu kedua PRO BIOTEK 2020.

Kegiatan Tausiyah Online dilaksanakan setiap Rabu siang dimulai dari jam 14.00 WIB sampai dengan selesai. Kegiatan Tausiyah Online ini didahului oleh pembacaan ayat suci Al-Qur’an, yaitu 10 surah terakhir Al-Qur’an. Kegiatan tersebut merupakan simbol khataman Al-Qur’an yang sudah dilelang dan dibaca dari 1 minggu sebelumnya. Setelah pembacaan ayat suci Al-Qur’an, Doa Khatam Al Qur’an dipanjatkan dan dilanjutkan dengan kegiatan Tausiyah dengan pembicara dari internal Balai Bioteknologi.

Dalam kegiatan PRO BIOTEK Ke-2 ini, jumlah peserta yang hadir sebanyak 52 orang. Acara dibawakan oleh Bayu Rizky Maulana., S.Kom, pembacaan Khataman Al-Quran dan Do’a Khatam Al-Quran dipimpin oleh Bapak Taufik Helmi dan Tausiyah disampaikan oleh Dr. Edy Marwanta, B.Eng., M.Eng. Tausiyah yang disampaikan kali ini mengusung tema “Meraih Level Berilmu”. Dalam tausiyah ini disampaikan bahwa mencari ilmu adalah suatu kewajiban bagi muslim dan muslimah. Namun, ilmu bukan hanya sekedar pengetahuan, tetapi pengetahuan yang diaplikasikan dan diterapkan dalam kehidupan sehingga ilmu tersebut akan memberi manfaat kepada lingkungan sekitar. Hal ini tentunya sejalan dengan tugas dan fungsi ASN Balai Bioteknologi BPPT, yang harus selalu memberi manfaat kepada masyarakat melalui pelayanan yang diberikan di bidang Bioteknologi.

Lebih lanjut disebutkan bahwa dalam berilmu ini dapat berpedoman pada 3-N, yaitu Nilai, Nanjak  dan Nyata. Nilai adalah berpegang teguh pada norma, yaitu ibarat akar tanaman yang sangat kuat dalam menopang apapun yang ada di atasnya. Dasarnya adalah Al-Qur’an dan Sunnah. Nanjak adalah senantiasa naik terus dan berkembang, yaitu selalu upgrade dan update dari pengetahuan dan ilmu yang diibaratkan tanaman akan terus tumbuh tinggi dan membesar optimal. Nyata adalah memberikan solusi dan berdampak untuk sekitar kita, ibarat tanaman dapat menghasilkan buah unggul bisa sepanjang tahun tanpa putus. (HUMAS/AW)

 


© 2020 Design by Pusat Manajemen Informasi & Balai Bioteknologi - BPPT
Klasbahis Restbet