• (021) 7560208
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Monev Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan Pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan Balai Bioteknologi BPPT Triwulan II

 

Pada Selasa (07/07/2020) telah dilaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan kegiatan Reformasi Birokrasi (RB) Balai Bioteknologi, Pembangunan Zona Integritas (ZI) Balai Bioteknologi menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Pengelolaan sosial media untuk peningkatan layanan publik secara virtual menggunakan Aplikasi Zoom. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mereview pelaksanaan kegiatan Reformasi Birokrasi (RB) dan pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan Balai Bioteknologi, mengingat Balai Bioteknologi menjadi salah satu satuan kerja yang diusulkan untuk mendapatkan predikat WBK atau Wilayah Bebas dari Korupsi di tahun 2020. Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Monev dipimpin langsung oleh Kepala Balai Bioteknologi BPPT, Dr. Drs. Agung Eru Wibowo, Apt. M.Si. Dalam arahannya, Dr. Agung mengatakan bahwa kegiatan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas ini merupakan bentuk penugasan untuk satuan kerja dan sesuai dengan perintah harian Ka BPPT. “Keluaran dari kegiatan ini yaitu mempu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Selain itu, diharapkan evidence yang dibuat dapat menjadi desain tata kelola yang dapat diterapkan”, kata Ka Balai Bioteknologi BPPT.

 

  

 

Agenda pada Monev ini yaitu paparan dari Ketua pelaksana harian Irni Furnawanthi SP, M.SI dan dari Ketua Pokja yang diantaranya:

  1. Dr. rer. nat. Anis Herliyati M., M.Sc sebagai ketua Pokja Penguatan Akuntabilitas RB dan ZI

  2. Dr. Farida Rosana Mira SP sebagai ketua Pokja Penguatan Pengawasan RB dan ZI

  3. Ir. Sasmito Wulyoadi, M.Eng sebagai ketua Pokja Penataan Tata Laksana RB dan ZI

  4. Indria Puti Mustika, S.Si sebagai ketua Pokja Deregulasi Kebijakan RB

  5. Indra Rachmawati, S.Si sebagai ketua Pokja Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik RB dan ZI

  6. Wahyuni, SE sebagai ketua pokja Penataan Sistem Manajemen SDM RB dan ZI

  7. Rismayanti, M.Si sebagai ketua pokja Penataan dan Penguatan Organisasi RB

  8. Bayu Rizki Maulana S.Kom sebagai Ketua Pokja Manajemen Perubahan RB dan ZI.

 

Adapun yang dipaparkan yaitu terkait rencana kerja tim kedepannya, progress yang telah dicapai, kendala yang dihadapi serta rencana tindak lanjut dari kegiatan terkait. Hasil dari kegiatan monev ini akan menjadi acuan untuk tindakan perbaikan pada pelaksanaan kegiatan dan akan menjadi bahan review pada monev selanjutnya.

 

Selain itu, pada Monev ini dilakukan review terhadap website resmi Balai Bioteknologi, mengingat pemanfaatan website menjadi faktor yang penting dalam pelayanan publik karena dapat menjadi media penyampaian informasi kepada masyarakat, khususnya informasi mengenai pelayanan di Balai Bioteknologi BPPT.  Dari review website ini, dapat dikatakan perlu beberapa perbaikan/upgrade untuk meningkatkan fungsi dan daya guna website sebagai media pemberi informasi kepada masyarakat dan memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan yang diberikan oleh Balai Bioteknologi BPPT, sehingga pemberian informasi dapat lebih optimal. (HUMAS/AW)


© 2020 Design by Pusat Manajemen Informasi & Balai Bioteknologi - BPPT
Klasbahis Restbet