Balai Bioteknologi BPPT Mengikuti Acara “Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK-WBBM) Tahun 2020”
Print

Balai Bioteknologi BPPT Mengikuti Acara “Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK-WBBM) Tahun 2020”

Pada hari Senin (21/12/2020), sebagai rangkaian dari peringatan Hari Anti-Korupsi Sedunia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar acara apresiasi dan penganugerahan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) 2020 digelar dengan perpaduan antara tatap muka langsung (offline) dan melalui daring (online).

Unit kerja yang ditetapkan mendapatkan perdikat WBK dan WBBM pada hari ini merupakan hasil tahapan proses evaluasi yang dilakukan oleh PANRB sejak dari bulan Juli 2020. Unit kerja yang berpartisipasi sebanyak 3.691 dari 70 kementerian/lembaga, 20 pemerintah provinsi, dan 161 pemerintah kabupaten/kota yang diusulkan. Pada tahap evaluasi pembangunan zona integritas (ZI) terpilih 2.570 unit kerja dan akhirnya ditetapkan 763 unit kerja oleh PAN RB pada tanggal 21 Desember 2020 dengan rincian 681 unit kerja WBK dan 82 Unit kerja WBBM. Balai Bioteknologi BPPT merupakan salah satu dari 681 unit kerja yang mendapatkan predikat WBK di Tahun 2020 ini. Pencapaian ini merupakan hasil komitmen pimpinan BPPT, bentuk kerja keras dari tim dan pegawai Balai Bioteknologi dan dukungan tiada henti dari mitra layanan.

Wilayah Bebas dari Kosupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang telah memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan 6 (enam) area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Enam area perubahan tersebut adalah manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan 6 area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah KKN dan bisa memberikan pelayanan prima.
Unit kerja peraih WBK dan WBBM harus mampu menumbuhkan budaya kerja birokrasi yang antikorupsi, berkinerja tinggi, dan budaya birokrasi yang melayani publik secara baik di lingkungan kementerian/lembaga/pemerintah daerah.

Predikat dan penghargaan tersebut diharapkan sesuai dengan slogan yang digaungkan Kementerian PANRB pada acara tahun ini, yakni Making Change, Making History.