Telp : 021. 7563120, Fax : 021. 7560208, Email: biotek@bppt.go.id , Pengaduan: biotek@bppt.go.id

Chatra Plugin

Menyelamatkan Duku Kesuben dari Kepunahan, Pemerintah Kabupaten Tegal Gandeng Balai Bioteknologi BPPT

 

 

 

 Musim duku telah tiba. Puluhan gerobak berjejer rapi di pinggir jalan dengan tulisan khasnya “duku Palembang”. Sebuah pemandangan unik yang terus berulang setiap musim duku tiba. Seakan-akan, ketika bicara duku hanya ada duku Palembang. Padahal jika anda pernah mencicipi duku Kesuben, cita rasanya sangat khas dan menggoda selera. Sekali mencicipi, maka anda ingin lagi dan lagi karena rasanya memang beda. Kulitnya tipis dan manis buahnya benar-benar terasa.

Jika di Palembang duku semakin populer dan bahkan menjadi salah satu “ikon” Palembang, tidak demikian yang terjadi di Tegal. Duku Kesuben yang asli Tegal kini keberadaannya semakin langka. Jumlah pohonnya terus menurun seiring dengan pertambahan jumlah penduduk yang membutuhkan rumah tinggal. Kebun duku pun beralih fungsi jadi perumahan. Jika tidak segera dilakukan penyelamatan, bisa jadi duku Kesuben hanya tinggal nama karena pohonnya telah punah.

 

Untuk menyelamatkan duku Kesuben dari ancaman kepunahan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal telah menggandeng BPPT untuk melakukan domestikasi dan perbanyakan bibit menggunakan teknologi ex vitro. Dengan adanya sentuhan teknologi pembibitan secara ex vitro diharapkan duku Kesuben bisa diselamatkan dan masyarakat kembali bergairah untuk menanam duku Kesuben di halaman rumah mereka.

Untuk mewujudkan harapan Pemkab Tegal tersebut, Tim Balai Bioteknologi telah melakukan koordinasi teknis dan sampling untuk mendapatkan sumber eksplan dari tanaman induk unggulan. Dengan bantuan Kepala UPTD Taman Teknologi Pertanian dan Pembibitan, Tim Balai Bioteknologi berhasil mengambil sampel duku Kesuben dari tanaman induk yang pernah meraih juara pertama dalam festival duku yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal. Sampel duku Kesuben dari tanaman induk unggulan tersebut akan di “foto copy” dan selanjutnya diproduksi massal.

Melalui sentuhan tangan-tangan terampil dengan formula ex vitro-nya, diharapkan Tim Balai Bioteknologi BPPT mampu menyelamatkan duku Kesuben dari kepunahan yang pada akhirnya dapat membangkitkan kembali kejayaan duku Kesuben sebagai buah unggulan lokal Tegal. Semoga...

 

 

Hubungi Kami

BPPT-Balai Bioteknologi
Gedung 630 Kawasan Puspiptek, Setu
Tangerang Selatan 15314
Banten, Indonesia
Telepon : +62 21 7563120
Pengaduan : biotek@bppt.go.id
Fax : +62 21 7560208