Telp : 021. 7563120, Fax : 021. 7560208, Email: biotek@bppt.go.id , Pengaduan: biotek@bppt.go.id

Chatra Plugin

Kunjungan Tim Balai Bioteknologi BPPT ke PT Ajinomoto Indonesia

Kunjungan Tim Balai Bioteknologi BPPT ke PT Ajinomoto Indonesia   Kunjungan Tim Balai Bioteknologi BPPT ke PT Ajinomoto Indonesia

 

 

Kamis (04/07/2019), tim kegiatan Sefalosporin C Balai Bioteknologi BPPT telah mengunjungi PT. Ajinomoto Indonesia di Mojokerto, Jawa Timur. Kunjungan tersebut dalam rangka penjajagan rencana kerjasama antara pihak Balai Bioteknologi BPPT dengan pihak Ajinomoto. PT. Ajinomoto berfokus pada produksi seasoning menggunakan bahan baku cane molasses dan tepung cassava sebagai media fermentasi menggunakan bakteri. Fermentasi yang dilakukan hingga skala 320 kiloliter menghasilkan asam glutamat sebagai produk utama. Asam glutamat yang merupakan hasil metabolit primer dari bakteri tersebut kemudian diproses lebih lanjut hingga menjadi monosodium glutamat (MSG).

Salah satu hasil samping (by product) yang dihasilkan dari proses fermentasi adalah Amina yang dapat digunakan sebagai media fertilizer. Hasil produk samping ini berpeluang sebagai salah satu sumber nitrogen untuk kegiatan fermentasi menghasilkan bahan baku obat Sefalosporin C yang sedang dilakukan di Balai Bioteknologi BPPT. Pihak PT. Ajinomoto juga berharap ada inovasi-inovasi yang bisa dilakukan bersama Balai Bioteknologi BPPT. Untuk  itu diskusi lebih lanjut akan diintensifkan dengan pihak PT. Ajinomoto Indonesia dalam rangka realisasi lanjutan dari diskusi awal yang telah dilakukan pada tanggal 04 Juli 2019.

Selain kegiatan diskusi rencana kerjasama, tim Balai Bioteknologi juga diajak untuk melihat proses produksi MSG dan produk-produk seasoning turunannya di pabrik mulai dari proses hulu (fermentasi) hingga proses hilir dan packaging produk.

 

Laporan Pengaduan Masyarakat

Lapor Gratifikasi

Hubungi Kami

BPPT-Balai Bioteknologi
Gedung 630 Kawasan Puspiptek, Setu
Tangerang Selatan 15314
Banten, Indonesia
Telepon : +62 21 7563120
Pengaduan : biotek@bppt.go.id
Fax : +62 21 7560208

Klasbahis