Telp : 021. 7563120, Fax : 021. 7560208, Email: biotek@bppt.go.id , Pengaduan: biotek@bppt.go.id

Chatra Plugin

CPNS Balai Bioteknologi BPPT Menghadiri Acara Presidential Lecturer II Tahun 2019

CPNS Balai Bioteknologi Menghadiri Acara Presidential Lecturer II Tahun 2019

 

Rabu (24/07/2019), CPNS Balai Bioteknologi BPPT menghadiri acara Presidential Lecturer II Tahun 2019 yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta oleh Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi. Presidential Lecturer ini merupakan yang kedua setelah yang pertama kali diadakan pada Tahun 2018. Pada Presidential Lecturer kali ini, Kementerian PANRB mengusung tema “Sinergi untuk Melayani”. Presidential Lecturer tahun ini  dihadiri oleh lebih dari 7.000 audien yang 6.198 orang diantaranya merupakan CPNS Tahun 2018 dari berbagai Kementerian dan Lembaga. Presidential Lecturer merupakan arahan strategis kepala negara/ pemerintah kepada para CPNS.

Acara Presidential Lecturer ini diselenggarakan untuk memberikan:

1.      Pemahaman visi pembangunan nasional

2.      Menggugah motivasi dan nasionalisme CPNS

3.      Memotivasi menjadi Digital Leader dan Digital Talent

4.      CPNS yang berkarakter dan berkepribadian unggul sebagai Smart ASN

5.      Pelatihan Dasar CPNS sesuai UU ASN dan PP Manajemen PNS

Presidential Lecturer ini dibuka dengan sambutan dan laporan dari Menteri PANRB, Syafruddin. “Menjadi ASN jaman sekarang membuat kita bisa adaptif dan inovatif dengan perubahan yang ada”, kata Menteri PANRB Syafruddin. Lebih lanjut beliau memacu generasi Smart ASN untuk dapat mewujudkan birokrasi kelas dunia.

Setelah itu, dilajutkan dengan kuliah umum dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Pada kesempatan ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan pada prinsip utama dari seorang ASN. “Prinsip yang menjadi pegangan anda semua adalah melayani”, ujar Wapres kepada para CPNS. Hal ini sesuai dengan UU ASN No. 5 Tahun 2014 yang menyebutkan bahwa salah satu tugas dan fungsi ASN yaitu sebagai pelayan publik. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa pelayanan cepat harus diberikan untuk masyarakat di era digitalisasi ini. Selain bertugas untuk melayani, ASN juga bertugas untuk memajukan bangsa. Untuk mencapai hal ini, dibutuhkan sinergi antar bidang, sesuai dengan tema Presidential Lecturer kali ini yaitu “Sinergi untuk Melayani”.

Tidak lupa juga Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengucapkan selamat kepada CPNS karena sudah lulus dan akan menjadi generasi yang akan meneruskan tugas dari para ASN yang sudah bertugas puluhan tahun dan akan pensiun. Beliau juga berpesan agar para CPNS meneruskan cita – cita dan tugas para pendahulu yang telah membangun negeri dengan baik. Wapres menekankan bahwa bangsa Indonesia menaruh harapan besar kepada para CPNS. “Selamat bertugas! Selamat bekerja untuk memajukan bangsa”, tutup beliau.

Dalam Presidential Lecturer ini juga para CPNS mendapatkan inspiring talk dari 3 narasumber diantaranya dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Bambang Brodjonegoro dengan materi terkait Talent Management. Selanjutnya Prof. Pan Suk  Kim yang merupakan Former Minister of Personnel Management dengan materi tentang Digitalisasi Sektor Publik. Serta Wishnutama yang merupakan Komisaris Utama NET Mediatama TV menjadi narasumber terakhir dengan materi mengenai Inovasi dan Kreativitas.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Para CPNS dapat lebih memahami tugas dan fungsi ASN, yaitu Melayani. Selain itu juga diharapkan para CPNS dapat lebih meningkatkan kemampuan dan kreativitasnya serta dapat memunculkan inovasi – inovasi dalam hal pelayanan publik.

Hubungi Kami

BPPT-Balai Bioteknologi
Gedung 630 Kawasan Puspiptek, Setu
Tangerang Selatan 15314
Banten, Indonesia
Telepon : +62 21 7563120
Pengaduan : biotek@bppt.go.id
Fax : +62 21 7560208