Telp : 021. 7563120, Fax : 021. 7560208, Email: biotek@bppt.go.id , Pengaduan: biotek@bppt.go.id

Chatra Plugin

Tim AoC Balai Bioteknologi BPPT Mendapat Kunjungan dan Sharing Informasi dari Bank Sampah Jaya Danakirti

Tim AoC Balai Bioteknologi BPPT Mendapat Kunjungan dan Sharing Informasi dari Bank Sampah Jaya Danakirti

 

Kamis (15/08/2019), telah dilakukan sharing dari Bank Sampah Jaya Danakirti kepada Balai Bioteknologi BPPT. Sharing yang dilakukan kali ini terkait dengan pengelolaan sampah sebagai tindak lanjut Program Green B AoC Biotek untuk kegiatan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle). Salah satu kegiatan dari Program Green B adalah pemilahan sampah. Nantinya, tempat sampah di Balai Bioteknologi akan dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan jenis sampahnya, sehingga kegiatan pengelolaan dan penanganan sampah dapat terlaksana dengan baik. Hal ini merujuk pada UU No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah yang menyebutkan bahwa kegiatan penanganan sampah meliputi pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pemrosesan akhir sampah. Pemilahan sampah adalah bentuk pengelompokan dan pemisahan sampah sesuuai dengan jenis, jumlah dan/ atau sifat sampah. Sampah yang dipilah kemudian akan diproses lebih lanjut. Sampah organik, nantinya akan dijadikan bahan baku untuk proses pengomposan. Sampah yang dapat didaur ulang akan disetorkan kepada bank sampah.

Berdasarkan hal diatas, maka diperlukan informasi mengenai jenis-jenis sampah serta penggolongannya yang dapat dijadikan dasar untuk membagi sampah menjadi beberapa kategori. Selain itu, pada sharing kali ini juga ditentukan jenis-jenis sampah daur ulang yang diterima oleh Bank Sampah Jaya Danakirti. Secara umum, sampah daur ulang ini dibagi menjadi 32 golongan, diantaranya aki, kaleng minuman/ alumunium, besi, beling, botol beling, botol kotor, boncos (kardus tipis/ kertas), asoy (plastik mi instan, plastik minyak goreng/ pembersih lantai, kresek), gelas plastik, kardus dan lainnya.

Tim AoC Balai Bioteknologi BPPT Mendapat Kunjungan dan Sharing Informasi dari Bank Sampah Jaya Danakirti  Tim AoC Balai Bioteknologi BPPT Mendapat Kunjungan dan Sharing Informasi dari Bank Sampah Jaya Danakirti

Selain itu, terdapat hal baru lainnya yang diperoleh oleh Tim AoC Balai Bioteknologi, yaitu pengenalan Program 5R (Refuse, Reduce, Reuse, Recycle dan Rot). Terdapat kata “Refuse” dan “Rot” yang terdengar asing. Refuse maksudnya adalah perilaku untuk tidak menggunakan barang satu kali pakai seperti sedotan plastik, kresek, tempat makan/ minum sekali pakai dan lainnya. Sedangkan “Rot” merupakan kegiatan pembusukan dari sampah, dalam hal ini sampah organik. Program Refuse telah dilakukan Balai Bioteknologi BPPT dengan penggunaan tumbler untuk minum sehari-hari di tempat kerja. Balai Bioteknologi sudah tidak lagi menyediakan air minum dalam kemasan. Sedangkan Rot, Tim AoC Balai Bioteknologi sedang merancang kegiatan pembuatan kompos dengan bahan baku sampah organik dari kegiatan sehari – hari Balai Bioteknologi seperti sisa makanan ataupun daun – daun yang jatuh di area Balai Bioteknologi.

Untuk selanjutnya, Balai Bioteknologi akan menyusun siistem mengenai pemilahan sampah beserta sistem penyetorannya. Sehingga diharapkan seluruh pegawai Balai Bioteknologi dapat turut serta dalam program ini. Sampah yang terkumpul nantinya akan disetor ke Bank Sampah Jaya Danakirti. Selain itu, dengan adanya program ini pula diharapkan seluruh pegawai Balai Bioteknologi menyadari pentingnya menjaga lingkungan melalui Program Green B yang mengimplikasikan Program 5R. Let's Change For Better Future demi terciptanya lingkungan yang bersih, bebas dari sampah.

Hubungi Kami

BPPT-Balai Bioteknologi
Gedung 630 Kawasan Puspiptek, Setu
Tangerang Selatan 15314
Banten, Indonesia
Telepon : +62 21 7563120
Pengaduan : biotek@bppt.go.id
Fax : +62 21 7560208