Telp : 021. 7563120, Fax : 021. 7560208, Email: biotek@bppt.go.id , Pengaduan: biotek@bppt.go.id

Chatra Plugin

Balai Bioteknologi BPPT kembali Mengadakan Jumat "CERIA"

 

  

 

Jumat (25/10/2019), Agent of Change (AoC) Balai Bioteknologi BPPT kembali mengadakan acara Jumat Ceria. Acara Jumat Ceria kali ini adalah Senam Bersama. Senam ini tidak hanya dihadiri oleh pegawai Balai Bioteknologi BPPT saja, namun juga para pegawai di unit kerja Kedeputian Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB). Senam ini juga dihadiri oleh Deputi Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) Dr. Ir. Soni Solistia Wirawan, M.Eng, Direktur Pusat Teknologi Agroindustri (PTA) Dr. Hardaning Pramudya, Direktur Pusat Teknologi Bioindustri (PTB) Dr. Asep Liswoko, Direktur Pusat Teknologi Produksi Pertanian (PTPP) Dr. Ir. Dudi Iskandar M.For.Sc, Kepala Balai Bioteknologi Dr. Agung Eru Wibowo Apt., M.Si.

                                         Deputi Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) Dr. Ir. Soni Solistia Wirawan Memberikan Arahan
                                         Deputi Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) Dr. Ir. Soni Solistia Wirawan Memberikan Arahan

Acara ini menjadi istimewa tidak hanya karena dihadiri seluruh pegawai Kedeputian TAB namun juga dibarengi dengan sosialisasi pemilahan sampah. Sosialisasi pemilahan sampah sebelumnya pernah dilakukan pada 20 September 2019, namun hanya kepada Balai Bioteknologi saja.“Ini merupakan acara yang menarik dan bagus. Jika bisa, kita angkat acara ini di level kedeputian. Balai Bioteknologi sebagai pionir kegiatan ini di Kedeputian TAB, bahkan BPPT” kata Deputi TAB. Balai Bioteknologi mungkin memang yang pertama dan satu – satunya di BPPT yang memiliki program ini. Dengan menggandeng Bank Sampah dalam pengolahan selanjutnya dari sampah yang telah dipilah, diharapkan dapat memberi keuntungan yang maksimal. Tidak hanya memelihara lingkungan namun juga dapat mengahasilkan pundi-pundi rupiah dari penyetoran sampah pilah.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Wirmansyah Musa selaku Kabid Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangerang Selatan dan Ketua Silaturahmi Bank Sampah (SIBAS) yang diwakili oleh Mardiono. Kehadiran kedua tokoh tersebut tidak lain adalah untuk mendukung upaya mengatasi sampah dengan konsep Bank Sampah yang telah merambah area pemerintahan, dalam hal ini Balai Bioteknologi BPPT. Karena selama ini, umumnya operasional Bank Sampah di area lingkungan perumahan warga. “Adanya Bank Sampah ini sangat membantu pemerintah. Jangan selesaikan masalah dengan uang. Namun, selesaikan masalah dengan perilaku yang baik’, jelas Wirmansyah Musa.

Sambutan Kabid Persampahan DLH Tangerang Selatan, Bapak Wirmansyah Musa       Sambutan Ketua Silaturahmi Bank Sampah (SIBAS), Bapak MardionoSambutan Kabid Persampahan DLH Tangerang Selatan, Bapak Wirmansyah Musa   Sambutan Ketua Silaturahmi Bank Sampah (SIBAS), Bapak Mardiono                                                                                                  
      

Dengan adanya bank sampah tidak dipungkiri dapat menjadi stimulus bagi masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah dan tidak langsung membuangnya. Hal ini tentunya akan berdampak pada berkurangnya volume sampah yang sampai ke TPA. Tidak hanya itu, pemilahan sampah juga dapat menjadi langkah awal untuk memudahkan pengolahan sampah selanjutnya. Karena sampah yang tercampur satu sama lain akan menyulitkan proses pengolahan sampah tersebut.

Setelah dilakukan sosialisasi, Bank Sampah Jaya Danakirti langsung melakukan penimbangan sampah pilah yang disetorkan oleh para pegawai Balai Bioteknologi. Ini merupakan kegiatan rutin bulanan yang jatuh pada hari Jumat minggu ketiga setiap bulannya. Sampah sebelumnya dipilah terlebih dahulu sesuai kategorinya, kemudian ditempatkan pada wadah kresek untuk memudahkan penimbangan. Pada kresek, diberi nama dan kategori sampahnya untuk memudahkan pencatatan. Setelah penimbangan selesai, kemudian dilakukan perhitungan berat sampah yang diperoleh masing-masing orang dan dikonversi menjadi rupiah, lalu dicatat dalam buku rekening.

  Penyetoran dan Penimbangan Sampah Pilah Kedua di Balai Bioteknologi BPPT

                                                           Penyetoran dan Penimbangan Sampah Pilah Kedua di Balai Bioteknologi BPPT

Dari kegiatan ini diharapkan kesadaran peduli terhadap lingkungan dapat meningkat dan menyebar ke lingkungan sekitar. Sehingga masing-masing orang dapat menjadi subjek dalam upaya pelestarian lingkungan. Recycle the present, save the future. (HUMAS/ AW/ NFH)

 

Hubungi Kami

BPPT-Balai Bioteknologi
Gedung 630 Kawasan Puspiptek, Setu
Tangerang Selatan 15314
Banten, Indonesia
Telepon : +62 21 7563120
Pengaduan : biotek@bppt.go.id
Fax : +62 21 7560208