Telp : 021. 7563120, Fax : 021. 7560208, Email: biotek@bppt.go.id , Pengaduan: biotek@bppt.go.id

Chatra Plugin

Balai Bioteknologi Luncurkan Jurnal Ilmiah: Jurnal Bioteknologi & Biosains Indonesia Melalui Open Journal System (OJS)

JBBI merupakan Open Journal System yang dikelola Pusat Manajemen Informasi BPPT

Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga Balai Bioteknologi, BPPT telah berhasil menerbitkan Jurnal Bioteknologi & Biosains Indonesia (JBBI) sejak Desember 2014 lalu. JBBI merupakan media yang mempublikasi naskah orisinil dalam bidang bioteknologi dan biosains. Naskah yang dipublikasi pada jurnal ini, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, mencakup hasil-hasil kerekayasaan dan penelitian mutakhir, ulasan singkat (review), analisis kebijakan atau catatan penelitian singkat (Research Communication and Notes) mengenai metoda percobaan, alat, pengamatan, maupun penemuan baru berupa hasil awal percobaan untuk menarik perhatian komunitas ilmiah. Naskah mencakup beberapa bidang bioteknologi seperti bioteknologi pertanian, bioteknologi industri, bioteknologi kesehatan, bioteknologi lingkungan dan lain sebagainya.

       

Sejauh ini sudah 4 edisi terbit, dan insya Allah akan menyusul edisi berikutnya, Desember 2016. Edisi Tahun 2016 ini adalah edisi JBBI pertama yang menerapkan sistem online, open Journal System (OJS) dan sudah dapat akses penuh melalui http://ejurnal.bppt.go.id/index.php/JBBI/index. Dengan sistem online ini, biaya penerbitan menjadi lebih murah dan pembaca yang dapat mengakses jurnalpun akan lebih banyak. Penerapan sistem online ini berhasil dilakukan atas bantuan dan bimbingan dari Pusat Manajemen Informasi BPPT. Naskah-naskah yang diterbitkan pada edisi ini telah melalui beberapa tahap proses, mulai dari tahap seleksi, penelaahan, penyuntingan tata bahasa dan tata letak hingga proofreading, sebelum akhirnya dapat diterbitkan.

Mulai tahun 2016 juga, pengelolaan JBBI telah dialihkan dari Balai Bioteknologi BPPT menjadi di bawah koordinasi Kedeputian Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT. Semoga dengan pengelolaan yang baru ini, keberlangsungan JBBI dapat terus terjaga dengan kualitas yang lebih baik.

Hubungi Kami

BPPT-Balai Bioteknologi
Gedung 630 Kawasan Puspiptek, Setu
Tangerang Selatan 15314
Banten, Indonesia
Telepon : +62 21 7563120
Pengaduan : biotek@bppt.go.id
Fax : +62 21 7560208