Telp : 021. 7563120, Fax : 021. 7560208, Email: biotek@bppt.go.id , Pengaduan: biotek@bppt.go.id

Chatra Plugin

Aplikasi Teknologi Ex Vitro Untuk Produksi Bibit Lada Di Kabupaten Bangka, yang Merupakan Daerah Andalan Penghasil Lada di Indonesia

Teknologi Ex Vitro Solusi Tepat Penuhi Kebutuhan Bibit Lada

 

Salah satu masalah utama sulitnya meningkatkan produksi lada adalah kurangnya ketersediaan bibit, sehingga masyarakat yang hendak menanam lada menghadapi kendala kekurangan bibit yang cukup serius.  Kurangnya ketersediaan bibit juga berdampak buruk pada penggunaan bibit yang asal-asalan sehingga produktivitasya terus menurun. Kendala lainnya terkait dengan  masalah teknis pengangkutan bibit ke lokasi penanaman. Transportasi bibit dari sentra pembibitan ke lokasi penanaman beresiko terhadap kesegaran bibit dan pertumbuhan tanaman, selain  juga menyebabkan biaya tambahan yang cukup signifikan. Untuk mengatasi masalah tersebut, BPPT melalui Balai Bioteknologi sukses mengembangkan teknologi ex vitro yang mampu menggandakan bibit tanaman dalam waktu cepat dalam jumlah massal dengan tetap mempertahankan sifat-sifat unggul tanaman induknya. 

    

Teknologi ex vitro layaknya “mesin fotocopy bibit unggul tanaman” merupakan solusi tepat memenuhi kebutuhan bibit lada karena dapat diaplikasikan langsung di lokasi sentra lada. Dalam upaya mengembalikan kejayaan lada Bangka BPPT bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka telah mengaplikasikan teknologi ex vitro untuk memproduksi bibit lada. Selain itu untuk meningkatkan kualitas SDM penyuluh pertanian dan petani lada, BPPT  melalui Balai Bioteknologi telah melakukan pelatihan dan diseminasi teknologi.

 

 

 

 

 

Hubungi Kami

BPPT-Balai Bioteknologi
Gedung 630 Kawasan Puspiptek, Setu
Tangerang Selatan 15314
Banten, Indonesia
Telepon : +62 21 7563120
Pengaduan : biotek@bppt.go.id
Fax : +62 21 7560208