Telp : 021. 7563120, Fax : 021. 7560208, Email: biotek@bppt.go.id , Pengaduan: biotek@bppt.go.id

Chatra Plugin

Produksi BIBIT Kentang menggunakan Teknologi In vitro dan Ex Vitro Yang Dikembangkan Balai Bioteknologi BPPT di Kota Batu Jawa Timur

Usaha tani kentang di Indonesia secara umum masih mengalami beberapa kendala. Diantara permasalahan tersebut adalah rendahnya kualitas dan kuantitas bibit kentang, teknik budidayayang masih konvensional, serta keterbatasan lahan yang sesuai untuk penanaman kentang di Indonesia. Selain itu,terjadinya anomali iklim belakangan ini juga turut mempengaruhi usahatani kentang.

 

 

Bibit merupakan input yang paling penting bagi petani kentang yang dapat memberikan dampak besar terhadap hasil produksi.Dalam hal ini, kualitas dan kuantitas benih menjadi salah satu isu penting dalamupaya peningkatan produktivitas kentang di Indonesia. Oleh karena itu, untukdapat menghasilkan produk hortikultura yang bermutu prima, dibutuhkan benihyang mengekspresikan sifat-sifat unggul dari varietas yang diwakilinya.

Balai Bioteknologi BPPT sebagai salah satu pusat unggulan dibidang bioteknologi industri dan pertanian telah menguasai teknologi produksi bibit baik secara in vitro maupun ex vitro. Teknologi produksi bibit tersebut telah banyak diaplikasikan diberbagai daerah di Indonesia baik oleh pihak swasta maupun oleh pemerintah daerah.

Terkait dengan produksi bibit kentang, Balai Bioteknologi BPPT telah menjalin kerjasama dengan Asosiasi Pertani Hortikultura Sejahtera Kota Batu. Harapannya, melalui kerjasama tersebut Kota Batu mampu memenuhi kebutuhan bibit kentang unggul secara mandiri. Dalam kerjasama tersebut telah dikembangkan produksi bibit kentang melalui beberapa pendekatan yaitu teknologi in vitro, ex vitro, aeroponik dan hidroponik.

 

Hubungi Kami

BPPT-Balai Bioteknologi
Gedung 630 Kawasan Puspiptek, Setu
Tangerang Selatan 15314
Banten, Indonesia
Telepon : +62 21 7563120
Pengaduan : biotek@bppt.go.id
Fax : +62 21 7560208