Print

PANDUAN AKTIVITAS “NEW NORMAL” BALAI BIOTEKNOLOGI

Sejak epidemi ini yang diawali Wabah Novel Penumonia Coronavirus di Wuhan, Provinsi Hubei, COVID-19 telah dilaporkan juga menyebar di luar Wuhan. COVID-19 merupakan genus coronavirus β dan memiliki karakteristik genetik yang berbeda dari SARSr- CoV dan MERSr-CoV.

Coronavirus sensitif terhadap sinar ultraviolet dan panas, dan dapat dinonaktifkan secara efektif ketika suhu lingkungan 560 C selama 30 menit, pelarut lemak seperti ether, 75% ethanol, disinfektan yang mengandung klorin, asam pyroxyacetic dan kloroform kecuali chlorhexidine. Berdasarkan investigasi epidemiologi saat ini, masa inkubasi COVID-19 adalah 1-14 hari, dan umumnya dalam 3 hingga 7 hari.

Saat ini, sumber utama infeksi adalah pasien COVID-19 dan pembawa (carrier) COVID-19 yang tanpa gejala juga dapat menjadi sumber infeksi. Rute penularan utama adalah droplets pernapasan dan kontak dekat, sementara rute penularan aerosol dan fecal-oral belum diverifikasi. Manusia pada semua golongan umur pada umumnya rentan. Salah satu karakterisitik penyakit Covid-19 ini adalah mudah menular, sehingga dengan cepat bisa menjangkiti banyak orang.

untuk menjaga keberlangsungan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik menyongsong tatanan normal baru yang produktif dan aman dari Covid-19.

Tugas dan fungsi ASN dalam tatanan normal baru dilakukan dengan tetap memprioritaskan aspek kesehatan dan keselamatan bagi ASN dengan cara menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian.

Adaptasi terhadap tatanan normal baru di lingkungan kementerian/lembaga/daerah sesuai dengan SE Menteri PANRB Nomor 58/2020 meliputi penyesuaian sistem kerja, dukungan sumber daya manusia, dukungan infrastruktur, dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Pejabat Pembina Kepegawaian di Balai Bioteknologi akan menyesuaikan lingkungan kerja dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 sesuai dengan panduan yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

 

Protokol Kesehatan di Balai Bioteknologi

  Link Assessment

  https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdJJJdqJurWyDSo8VWkleqnZ1Wc7OEkDeMV077tQRe-xYtNzQ/viewform

 

  Link assessment

  https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSf3HRFDwjO17SlNlCtCFfX3rZBRH8jlJ3fgtCLU804o8LLArw/viewform

 

 

  Klik link https://www.instagram.com/p/CC2FlOsADY2/

 

 

  https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSflvswx7xP7TgmkKVih7xQjM2quMY1U0N_7eaOxjlqvrgyaAg/viewform