• (021) 7560208
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Hasil Survei Kepuasan Pelanggan

Pengukuran Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pengukuran dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Peraturan ini menjadi pedoman untuk mengukur indeks kepuasan masyarakat untuk menilai tingkat kualitas pelayanan. Data indeks kepuasan masyarakat berfungsi sebagai sarana evaluasi terhadap unsur pelayanan sekaligus menjadi pendorong bagi setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publiknya.

Dalam melaksanakan survei kepuasan masyarakat, dilakukan dengan memperhatikan prinsip :

1. Transparan hasil Survei Kepuasan Masyarakat harus dipublikasikan dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat.

2. Partisipatif dalam melaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat harus melibatkan peran serta masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk mendapatkan hasil survei yang sebenarnya.

3. Akuntabel hal-hal yang diatur dalam Survei Kepuasan Masyarakat harus dapat dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan secara benar dan konsisten kepada pihak yang berkepentingan berdasarkan kaidah umum yang berlaku.

4. Berkesinambungan - Survei Kepuasan Masyarakat harus dilakukan secara berkala dan berkelanjutan untuk mengetahui perkembangan peningkatan kualitas pelayanan.

5. Keadilan Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat harus menjangkau semua pengguna layanan tanpa membedakan status ekonomi, budaya, agama, golongan dan lokasi geografis serta perbedaan kapabilitas fisik dan mental.

6. Netralitas Dalam melakukan Survei Kepuasan Masyarakat, surveyor tidak boleh mempunyai kepentingan pribadi, golongan, dan tidak berpihak

Pengumpulan Data
Pengumpulan Data Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dilaksanakan melalui survei elektronik dan penyebaran kuesioner kepada sejumlah responden yang dipilih secara acak. Kuesioner tersebut disusun berdasarkan Keputusan Menpan No. 14 Tahun 2017 yang digunakan untuk melihat tingkat kepuasan masyarakat terhadap unsur-unsur pelayanan, yang meliputi:
1) Bagian Pertama Pada bagian pertama berisikan judul kuesioner dan nama instansi yang dilakukan survei
2) Bagian Kedua Pada bagian kedua dapat berisikan identitas responden, antara lain: jenis kelamin, usia, pendidikan dan pekerjaan. Identitas dipergunakan untuk menganalisis profil responden kaitan dengan persepsi (penilaian) responden terhadap layanan yang diperoleh. Selain itu dapat juga ditambahkan kolom waktu/jam responden saat disurvei.
3) Bagian Ketiga Pada bagian ini berisikan daftar pertanyaan yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Pertanyaan yang terstruktur berisikan jawaban dengan pilihan berganda (pertanyaan tertutup), sedangkan jawaban tidak terstuktur (pertanyaan terbuka) berupa pertanyaan dengan jawaban bebas, dimana responden dapat menyampaikan pendapat, saran, kritik dan apresiasi.

Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Atas layanan Balai Bioteknologi bisa diakses pada link dibawah ini

 

Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2017

Hasil Survey Kepuasan Pelanggan Tahun 2017

 

Hasil Survei Kepuasan Pelanggan Tahun 2017

(Berdasarkan Kategori Responden)

 

Survey Kepuasan Masyarakat TAHUN 2018

Hasil Survey Kepuasan Pelanggan Tahun 2018

 

Hasil Survei Kepuasan Pelanggan Tahun 2018

(Berdasarkan Kategori Responden)

 

Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2019

Hasil Survey Kepuasan Pelanggan Tahun 2019

 

Hasil Survei Kepuasan Pelanggan Tahun 2019

(Berdasarkan Kategori Responden)


© 2020 Design by Pusat Manajemen Informasi & Balai Bioteknologi - BPPT
Klasbahis Restbet